Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Teknik Elektro Melaksanakan Pengabdian di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang

Tim pengabdian dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Unnes melaksanakan pengabdian masyarakat Pelatihan Learning Management System untuk Merancang Proses Pembelajaran Daring bagi Guru di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan tengaran Kabupaten Semarang. Kegiatan Pengabdian dilakukan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan TriDharma Perguruan Tinggi.

Tim pengabdian diketuai oleh Drs. Sri Sukamta. M.Si., IPM., dengan beranggotakan Ir. Ulfah Mediaty Arief, M.T., IPM., Dr. Ir. Subiyanto, S.T., M.T., Tatyantoro Andrasto, S,T., M.T. dan Fitria Ekarini, S.Pd., M.Pd dengan berkolaborasi dengan beberapa Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yaitu Agung Adi Firdaus dan Achmad Rifaldi. Pelaksanaan pengabdian dilakukan beberapa bulan dimulai pada bulan Juli 2020 dan berakhir pada bulan September 2020.

Pertemuan awal Tim Pengabdian dengan Gugus Ki Hajar Dewantara

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan program kegiatan pelatihan Learning Management System untuk merancang desain proses pembelajaran di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Tengaran Kabupaten semarang telah dilakukan pada tanggal 18-25 Juli 2020 dan diikuti oleh  50 guru di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Tengaran Kabupaten semarang. Kegiatan pelatihan berlangsung secara daring, sehingga kegiatan diawali dengan pengenalan Zoom Cloud Meeting dan dilanjutkan dengan pengenalan Learning Management System oleh tim pengabdian.

Pengenalan Learning Management System
Pendampingan Intensif dalam Pelatihan Menggunakan Schoology

Berdasarkan hasil penilaian pada saat sosialisasi pengabdian masyarakat tentang adanya proses pembelajaran dengan daring, semua Guru yang ada di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan yang dapat dilihat dari kehadiran dari semua Guru. Guru sangat mengharapkan adanya pelatihan dan pendampingan menerapkan salah satu aplikasi LMS. Adanya pelatihan aplikasi LMS yaitu Schoology, maka Guru memiliki kesempatan yang besar untuk dapat mengembangkan proses pembelajaran baik antara Guru kepada Siswa, Guru kepada orang tua, sehingga sebagai teknologi pendukung dalam kegaitan belajar mengajar dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *