TriDharma Perguruan Tinggi, Pengabdian Dosen kepada Masyarakat

Tim pengabdian dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Unnes melaksanakan pengabdian masyarakat di SMA N 2 Boyolali. Pengabdian dilakukan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan TriDharma Perguruan Tinggi.

Tim yang diketuai oleh Drs. Sri Sukamta, M.Si., dengan beranggotakan Ir. Ulfah Mediaty Arief, M.T., Dr. Ir. Subiyanto, S.T., M.T., dan Fitria Ekarini, S.Pd., M.Pd dengan berkolaborasi dengan beberapa Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (Bella, Dian dan Radiva) melaksanakan pengabdian dengan melakukan Pelatihan E-Learning Dengan Implementasi Schoology Di SMA N 2 Boyolali. Pelaksanaan pengabdian dilakukan beberapa bulan dimulai pada bulan Juli 2019 dan berakhir pada bulan September 2019.

Hal yang melatarbelakangi terwujudnya pengabdian dosen di SMA N 2 Boyolali adalah tingginya tuntutan guru untuk memberikan kegiatan pembelajaran yang berkualitas memberikan efek terhadap munculnya kebutuhan sistem pendukung pembelajaran agar pembelajaran tercapai secara maksimal. Namun, banyaknya aktifitas siswa seperti bimbingan lomba dan kegiatan perlombaan diluar lingkungan sekolah membuat siswa tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Keadaan ini sekaligus menjadi penghambat bagi guru untuk dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang baik. Disisi lain, dukungan orang tua yang semakin kurang karena mobilitas mereka yang besar, juga menjadi salah satu faktor tidak terciptanya iklim yang kondusif untuk proses belajar siswa. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga menjadi pemicu menurunnya kualitas pendidikan jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, Elearning merupakan sistem pembelajaran yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja serta melibatkan orang tua dalam hal pengawasan sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan di era sekarang. Sehingga hasil akhir dari kegiatan pelatihan ini adalah pengenalan serta peningkatan kemampuan guru di SMA N 2 Boyolali dalam menggunakan sistem pendukung pembelajaran Schoology, dan terwujudnya peningkatan kualitas pembelajaran siswa dan memudahkan peran serta orang tua dalam mengawasi siswa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *